Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Bebaskan Enam WN Slowakia

Kompas.com - 02/09/2013, 17:11 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Hingga kini, Iran sudah membebaskan enam dari delapan warga negara (WN) Slowakia sebagaimana warta Press TV Tehran pada Senin (2/9/2013).

Menurut pihak Iran, delapan WN Slowakia itu terkena tuduhan memiliki perlengkapan ilegal. "Mereka juga dituduh melanggar hukum negara Iran," kata pernyataan Pemerintah Iran melalui Kementerian Luar Negeri.

Keenam WN Slowakia itu sudah diserahkan pihak Iran kepada Kedutaan Besar Slowakia untuk Iran di Teheran sejak kemarin. "Dua tahanan lainnya masih dalam pemeriksaan," kata pihak Iran.


Ihwal penangkapan delapan warga Slowakia itu bisa dirunut dari data pada Juni 2013 lalu. Waktu itu, mantan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Araqchi mengatakan kalau penangkapan mereka lantaran memiliki peralatan atau perlengkapan ilegal. "Mereka juga berperilaku tak konvensional meski masuk ke Iran dengan visa turis," katanya.

Sementara, catatan media menunjukkan kalau delapan WN Slowakia tersebut ditangkap gara-gara mengambil gambar instalasi militer Iran sembari beraktivitas menggunakan layang gantung. Alhasil, mereka dituding melakukan kegiatan mata-mata.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com