Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat WHO, Korsel Kasih Duit ke Korut

Kompas.com - 02/09/2013, 14:38 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Korea Selatan (Korsel) merogoh koceknya lebih dalam mengeluarkan duit 6,3 juta dollar AS. Menurut Yonhap pada Senin (2/9/2013), duit sebanyak itu akan disalurkan melalui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Bidikannya adalah Korea Utara (Korut). Judulnya, menurut pernyataan Kementerian Unifikasi Korsel, bantuan kemanusiaan.

Sejatinya, ada proyek senilai 12,6 juta dollar AS garapan WHO. Proyek itu untuk membantu anak-anak di Korut. "Kami menyumbang separuhnya,"  kata kementerian tersebut.

Kementerian itu juga membeberkan asal "hepeng"itu. "Dana sebesar itu berasal dari Pendanaan Kerja Sama antar-Korea,"
tulis kementerian itu.

Pendanaan Kerja Sama antar-Korea adalah bikinan Seoul. Duit yang ada di lembaga itu dikelola untuk kerja sama kedua negara.

Soal bantuan kemanusiaan tersebut, Seoul mengaku sudah meminta izin pengiriman logistik ke Korut pada Juli silam. Nantinya, 12 kelompok warga sipil Korsel akan mengirim makanan, obat-obatan, dan bantuan kemanusiaan lainnya ke Korut. Total nilai bantuan mencapai 2,35 juta won atau setara dengan 2,13 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com