Kompas.com - 02/09/2013, 10:22 WIB
EditorErvan Hardoko
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Gedung Putih secara resmi mengirim surat yang isinya meminta Kongres untuk memberikan persetujuan terkait rencana serangan militer terbatas ke Suriah. Surat tersebut dikirimkan pada Sabtu (31/8/2013), tak lama setelah Presiden AS Barack Obama berpidato.

Surat itu berisi bahwa dukungan Kongres terhadap rencana serangan militer ke Suriah akan menjadi pertanda yang jelas dari langkah Amerika Serikat.

"Tujuan AS menggunakan kekuatan militer terkait persetujuan ini adalah untuk menghancurkan, mencegah, dan mengurangi potensi penggunaan senjata kimia atau senjata pemusnah massal lain di masa depan," demikian sebagian isi surat itu.

Sebelumnya, Obama dalam pidatonya memilih menunda serangan ke Suriah untuk meminta persetujuan Kongres terlebih dahulu.

"AS harus melakukan aksi militer terhadap target-target rezim Suriah," ujar Obama dalam pidatonya yang disiarkan langsung televisi itu.

Meski demikian, Obama memilih akan meminta persetujuan Kongres yang mewakili rakyat Amerika Serikat.

Sementara itu, pemimpin mayoritas senat, Harry Reid, mengatakan, pemungutan suara terkait rencana aksi militer terbatas atas Suriah menurut rencana akan digelar pada pekan kedua September, setelah masa reses Kongres berakhir pada 9 September mendatang.

"Saya yakin penggunaan kekuatan militer atas Suriah bisa disetujui dan perlu dilakukan," kata Reid dalam pernyataan resminya.

Reid menambahkan, Presiden Bashar al-Assad telah melakukan kejahatan terhadap warganya sendiri dengan menggunakan senjata kimia dalam peperangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Al Arabiya
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.