Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/09/2013, 04:44 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
KAIRO, KOMPAS.com — Presiden terguling Mesir Muhammad Mursi akan diajukan ke persidangan dengan tuduhan "menghasut untuk membunuh dan melakukan kekerasan". Televisi Pemerintah Mesir menyiarkan berita ini, Minggu (1/9/2013), tanpa menyebutkan kapan persidangan dijadwalkan.

Berita tersebut menyatakan Mursi akan disidangkan bersama 14 orang lain dari Ikhwanul Muslimin. Mereka semua dikenakan tuduhan yang sama. Tuduhan disebut merujuk kekerasan pada Desember 2012 di depan istana kepresidenan, dan Mursi juga dikenakan dakwaan melarikan diri dari penjara pada 2011.

Setelah digulingkan pada 3 Juli 2013, Mursi ditahan oleh pemerintah yang didukung militer Mesir di tempat yang tak diketahui sampai sekarang. Sementara di antara 14 tokoh Ikhwanul Muslimin yang akan disidangkan bersama Mursi, terdapat Mohamed al-Beltagi dan Essam el Erian.

Beltagi adalah tokoh senior Ikhwanul Muslimin. Putri Beltagi, Asmaa el Beltagy, tewas pada Rabu (14/8/2013), saat menjadi relawan di rumah sakit darurat, menyusul beragam penembakan terhadap para demonstran pendukung Mursi. Erian adalah Wakil Ketua Partai Kebebasan dan Keadilan.

Pembunuhan dan kekerasan yang dituduhkan ke Mursi pada Desember 2012, merujuk pada demonstrasi menentang dekrit Presiden yang diterbitkan pada November 2012.
Selain ke-15 tokoh ini, polisi juga menangkap lebih dari 2.000 tokoh lain dari organisasi tersebut sejak Mursi digulingkan.

Sebelumnya, Pemerintah Mesir telah menjadwalkan persidangan untuk para tokoh Ikhwanul Muslimin selain Mursi pada 25 Agustus 2013. Namun sidang itu dibatalkan dengan alasan keamanan. Jadwal baru sudah diumumkan, yakni pada 29 Oktober 2013, tetapi belum diketahui apakah akan ada perubahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.