Kompas.com - 01/09/2013, 02:36 WIB
EditorErvan Hardoko
VATICAN CITY, KOMPAS.com — Paus Fransiskus kembali "melanggar" protokoler dengan tampil dalam foto bersama dengan para remaja yang tengah mengunjungi Vatikan.

Sekitar 500 orang remaja datang dari Piacenza dan Bobbio, Italia, untuk melakukan ziarah ke Vatikan. Di pusat gereja Katolik itu, mereka beruntung bisa bertemu langsung dengan Paus Fransiskus.

Tak hanya bertemu, para remaja itu juga mendapat hadiah istimewa, yaitu berfoto "selfie" bersama dengan pemimpin gereja Katolik sedunia itu.

Foto "selfie" adalah istilah mengambil sendiri foto dengan kamera dari telepon pintar.

Foto itu kemudian tampil dalam akun Facebook para remaja itu, dan dengan cepat menyebar di berbagai situs jejaring sosial sepanjang Sabtu (31/8/2013).

"Tidak ada maksud apa pun di balik kegiatan ini. Paus hanya senang berada bersama banyak orang, sementara pendahulunya jauh lebih senang bersama buku," kata kolumnis harian Corriere della Sera, Beppe Severgnini.

Paus berusia 76 tahun ini, sudah berulang kali dikabarkan "melanggar" tradisi Vatikan sejak terpilih pada Maret lalu menggantikan Benediktus XVI yang mengundurkan diri.

Paus asal Argentina ini dikabarkan gemar menelepon langsung orang-orang kebanyakan yang menulis surat kepada dia.

Paus Fransiskus juga memiliki akun Twitter pribadi yang sejauh ini sudah memiliki tiga juta pengikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.