Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu Italia: Serangan ke Suriah Bisa Picu Konflik Global

Kompas.com - 30/08/2013, 20:33 WIB
ROMA, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Italia Emma Bonino, Jumat (30/8/2013), mengatakan, serangan militer ke Suriah dikhawatirkan bisa memicu konflik global.

"Dari sini semua bisa berawal. Serangan terbatas tanpa mandat PBB. Suriah sudah pasti akan bereaksi," kata Bonino kepada stasiun televisi SkyTG24.

Dengan kemungkinan memicu konflik global, Bonino menegaskan, satu-satunya jalan menyelesaikan konflik Suriah adalah mengintensifkan langkah diplomatik dan tekanan politik terhadap rezim Bashar al-Assad.

Sebelumnya, Bonino telah menolak keterlibatan Italia dalam rencana serangan militer ke Suriah, setelah negeri itu dituding menggunakan senjata kimia dalam perang melawan pemberontak.

Italia memainkan perangan penting dalam serangan udara NATO ke Libya yang membantu menjungkalkan diktator Moammar Khadaffy.

Namun, sejumlah sumber Pemerintah Italia mengatakan meski menolak ikut serta dalam serangan militer, tetapi Italia bersedia menyediakan wilayahnya sebagai basis peralatan perang jika memang diminta.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com