Kompas.com - 30/08/2013, 17:55 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Sebuah pesawat nirawak AS dalam serangannya membunuh seorang pemimpin Al Qaeda di Yaman. Menurut warta AP pada Jumat (30/8/2013). Insiden itu terjadi di Provinsi Al-Bayda di Selatan Yaman.

Tokoh Al Qaeda yang tewas itu bernama Qayid al-Dhahab. Ia adalah tokoh penting di Al Qaida Semenanjung Arab (AQAP). "Dua pengawal Al-Dhahab juga tewas dalam serangan itu,"kata pejabat Provinsi Al-Bayda.

Serangan pesawat nirawak di Provinsi Al-Bayda itu terjadi di wilayah Masanih. Qayid tewas oleh berondongan tujuh misil pesawat tersebut di Kota Radda.

Sumber di kota itu mengatakan misil-misil itu menghantam kendaraan yang ditumpangi Qayid. Ketiga sosok di dalam mobil itu tewas seketika di tengah kobaran api membara.

Pengganti

Qayid menjadi komandan di Al Bayda setelah saudara kandungnya, Tariq Al-Dhahab tewas dibantai intelijen Yaman pada Februari setahun silam.

Sejak awal 2012, Al Bayda adalah ajang baku serang antara militer Yaman versus gerombolan Al Qaeda. Lokasi Al Bayda ada di 267 kilometer Tenggara Sanaa, ibu kota Yaman.

Sementara, Kota Rada menjadi saksi perang antara Al Qaeda melawan militer Yaman sejak 2011. Al Qaeda sejatinya sudah sepakat dengan penduduk asli keluar dari kota itu. Tapi, aksi kekerasan seperti penembakan dan peledakan bom masih saja marak.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.