Kompas.com - 30/08/2013, 08:34 WIB
EditorEgidius Patnistik
MOSKWA, KOMPAS.COM - Pembuat senjata terkenal di Rusia mengatakan telah membongkar dan menghancurkan sistem rudal darat-ke-udara yang awalnya diperuntukkan bagi Iran.

Vladislav Menshchikov, direktur Almaz-Antey, mengatakan peralatan untuk sistim pertahanan udara S-300 itu sudah tidak ada. Dia mengatakan yang dapat digunakan telah digunakan, sementara suku cadang lainnya telah dihancurkan.

Kesepakatan Rusia dengan Iran untuk rudal darat-ke-udara itu bernilai sekitar 800 juta dollar AS. Kontrak tersebut dibatalkan tahun 2010 setelah mendapat tekanan dari Amerika dan Israel, dan PBB mensahkan sanksi baru yang melarang penjualan senjata demikian kepada Iran.

S-300 memiliki kemampuan melacak 100 sasaran sekaligus dan menembak pesawat hingga jarak 75 mil.

Rusia mengatakan akan memberikan kompensasi kepada Iran atas pembayaran uang muka untuk S-300.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.