Kompas.com - 29/08/2013, 14:37 WIB
EditorEgidius Patnistik
BRASILIA, KOMPAs.COM - Seperti Indonesia, pemadaman listrik juga jadi masalah di Brasil. Pemadaman listrik besar-besaran terjadi di Brasil telah mengakibatkan sembilan negara bagian gelap gulita selama hampir tiga jam.

Seluruh ibukota di negara bagian wilayah barat laut negeri itu kena pemadaman, termasuk empat kota yang nantinya akan jadi penyelenggara Piala Dunia 2014.

Aliran listrik kemudian normal kembali di kota-kota penting itu, tetapi di daerah yang lebih kecil listrik tetap padam lebih lama.

Akibatnya puluhan juta warga setempat terdampak pemadaman ini, yang menurut pemerintah terjadi akibat sebuah kebakaran di negara bagian Piaui yang menyebabkan sejumlah jalur transmisi listrik penting terganggu.

Menteri Energi dan Pertambangan Brsil, Edson Lobao, mengatakan akibat gangguan ini seluruh wilayah barat laut Brasil terputus dari jaringan listrik nasional.

Tetapi sampai kini tak diketahui apa penyebab terjadinya kebakaran yang disebut-sebut itu.

Seorang juru bicara dari kantor regulasi listrik Brasil, Aneel, dilaporkan mengatakan bahwa saat ini para pejabat masih fokus pada upaya memulihkan aliran listrik sebelum memikirkan apa penyebab kebakaran.

Termasuk dalam daftar negara bagian yang terganggu pemadaman adalah Pernambuco, Bahia, Rio Grande do Norte, Piaui, Alagoas, Ceara, Paraiba, Sergipe dan Maranhao.

Seperti Indonesia, Brasil adalah salah satu negara yang di masa lalu kerap mengalami pemadaman listrik namun kini gangguan tersebut diklaim sudah jauh berkurang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.