Kompas.com - 28/08/2013, 20:07 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Angkatan Laut (AL) Rusia menyatakan tidak berpartisipasi dalam rencana evakuasi warga Rusia dari Suriah. Itar-Tass pada Rabu (28/8/2013), juga mengatakan kalau pernyataan AL Rusia itu juga terkait dengan upaya evakuasi warga Negara-Negara Persemakmuran Rusia (CIS).

"Kami sudah mengevakuasi warga melalui laut sejak setahun silam,"kata pernyataan yang dirilis Staf Umum AL Suriah.


Nah, lantaran sudah melaksanakan tugas itulah, AL Rusia punya pertimbangan lain tahun ini. "Sekarang yang tersisa adalah karyawan pendukung AL Rusia di Tartus,"kata institusi itu.

Soal evakuasi para karyawan itu, AL Rusia menyiapkan kapal PM-138. Nantinya, kapal sipil tersebut akan dikawal kapal perang Rusia yang bertugas di Laut Mediterania hingga ke perairan netral menuju Rusia.

Pesawat terbang

Sementara itu, Kementerian Gawat Darurat Rusia mengirimkan lagi sebuah pesawat Ilyusin (Il)-62 untuk membawa warga Rusia dan CIS dari Latakia, Suriah. Perempuan juru bicara kementerian itu, Irina Rossius menginformasikan hal itu kepada media, Rabu.

Kemarin, pemerintah Rusia mengangkut 89 warganya dari Suriah kembali ke Rusia. Dari jumlah itu, 75 di antaranya memiliki paspor Rusia. "Kebanyakan dari warga yang kami evakuasi adalah perempuan dan anak-anak,"kata Rossius.

Menyangkut Suriah, Rusia kembali menegaskan kalau solusi politik adalah hal penting untuk menuntaskan ihwal perang saudara.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.