Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AL Rusia Tak Ikut Evakuasi Warga Rusia dari Suriah

Kompas.com - 28/08/2013, 20:07 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Angkatan Laut (AL) Rusia menyatakan tidak berpartisipasi dalam rencana evakuasi warga Rusia dari Suriah. Itar-Tass pada Rabu (28/8/2013), juga mengatakan kalau pernyataan AL Rusia itu juga terkait dengan upaya evakuasi warga Negara-Negara Persemakmuran Rusia (CIS).

"Kami sudah mengevakuasi warga melalui laut sejak setahun silam,"kata pernyataan yang dirilis Staf Umum AL Suriah.


Nah, lantaran sudah melaksanakan tugas itulah, AL Rusia punya pertimbangan lain tahun ini. "Sekarang yang tersisa adalah karyawan pendukung AL Rusia di Tartus,"kata institusi itu.

Soal evakuasi para karyawan itu, AL Rusia menyiapkan kapal PM-138. Nantinya, kapal sipil tersebut akan dikawal kapal perang Rusia yang bertugas di Laut Mediterania hingga ke perairan netral menuju Rusia.

Pesawat terbang

Sementara itu, Kementerian Gawat Darurat Rusia mengirimkan lagi sebuah pesawat Ilyusin (Il)-62 untuk membawa warga Rusia dan CIS dari Latakia, Suriah. Perempuan juru bicara kementerian itu, Irina Rossius menginformasikan hal itu kepada media, Rabu.

Kemarin, pemerintah Rusia mengangkut 89 warganya dari Suriah kembali ke Rusia. Dari jumlah itu, 75 di antaranya memiliki paspor Rusia. "Kebanyakan dari warga yang kami evakuasi adalah perempuan dan anak-anak,"kata Rossius.

Menyangkut Suriah, Rusia kembali menegaskan kalau solusi politik adalah hal penting untuk menuntaskan ihwal perang saudara.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com