Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedikitnya 44 Tewas akibat Bom di Baghdad

Kompas.com - 28/08/2013, 18:09 WIB
Serangkaian serangan bom yang terkoordinasi menghantam ibukota Irak, Baghdad, dan menewaskan sedikitnya 44 orang serta belasan lainnya cedera.

Serangan bom tersebut diarahkan ke kawasan permukiman umat Syiah pada saat jam sibuk. Dalam serangan Rabu (28/08) itu, sebuah bom mobil dilaporkan antara lain menyerang kawasan Jisr Diyala di Baghdad tenggara, menewaskan tujuh orang.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan terbaru ini.

Kekerasan di Irak kembali marak dalam beberapa bulan belakangan di tengah makin meningkatnya ketegangan antara umat Sunni dan Syiah.

Awal pekan ini rangkaian serangan bom di berbagai daerah, antara lain di Baghdad dan Baquba,  menewaskan setidaknya 46 orang.

Umat Sunni merasa mereka dipinggirkan oleh pemerintahan pimpinan Perdana Menteri Nouri Maliki yang berasal dari kelompok Syiah.

Para wartawan mengatakan kekerasan sektarian di Irak ini semakin diperparah oleh perang saudara di negara tetangga Suriah.

Sejauh ini lebih dari 4.000 warga tewas dan 10.000 orang terluka dan Baghdad yang paling banyak menderita serangan bom.

Angka yang dikeluarkan PBB memperlihatkan 1.057 warga Irak, sebagian besar adalah warga sipil, tewas pada bulan Juli dan menjadikannya bulan yang paling mematikan di negara itu selama beberapa tahun belakangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com