Kompas.com - 28/08/2013, 18:09 WIB
EditorEgidius Patnistik
Serangkaian serangan bom yang terkoordinasi menghantam ibukota Irak, Baghdad, dan menewaskan sedikitnya 44 orang serta belasan lainnya cedera.

Serangan bom tersebut diarahkan ke kawasan permukiman umat Syiah pada saat jam sibuk. Dalam serangan Rabu (28/08) itu, sebuah bom mobil dilaporkan antara lain menyerang kawasan Jisr Diyala di Baghdad tenggara, menewaskan tujuh orang.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan terbaru ini.

Kekerasan di Irak kembali marak dalam beberapa bulan belakangan di tengah makin meningkatnya ketegangan antara umat Sunni dan Syiah.

Awal pekan ini rangkaian serangan bom di berbagai daerah, antara lain di Baghdad dan Baquba,  menewaskan setidaknya 46 orang.

Umat Sunni merasa mereka dipinggirkan oleh pemerintahan pimpinan Perdana Menteri Nouri Maliki yang berasal dari kelompok Syiah.

Para wartawan mengatakan kekerasan sektarian di Irak ini semakin diperparah oleh perang saudara di negara tetangga Suriah.

Sejauh ini lebih dari 4.000 warga tewas dan 10.000 orang terluka dan Baghdad yang paling banyak menderita serangan bom.

Angka yang dikeluarkan PBB memperlihatkan 1.057 warga Irak, sebagian besar adalah warga sipil, tewas pada bulan Juli dan menjadikannya bulan yang paling mematikan di negara itu selama beberapa tahun belakangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.