Kompas.com - 28/08/2013, 15:25 WIB
EditorErvan Hardoko
DAMASKUS, KOMPAS.com - Duta besar Suriah di PBB Bashar al-Jaafari, Rabu (28/8/2013), menuding pasukan pemberontak sengaja melakukan serangan senjata kimia untuk mendorong Barat mengirimkan militer mereka.

"Banyak fakta menunjukkan pemerintah Suriah tidak bersalah terkait penggunaan senjata kimia," kata Al-Jaafari kepada media pemerintah.

Jaafari menambahkan, sejumlah fakta malah menunjukkan justru pasukan pemberontak yang menggunakan persenjataan kimia dalam pertempuran.

"Pemberontak menggunakan senjata kimia untuk membawa intervensi militer asing melawan Suriah," tambah Jaafari.

Lebih jauh Jaafari menuding negara-negara Barat dan Turki membantu pemberontak membangun laboratorium senjata kimia yang digunakan dalam perang.

"Pemberontak membangun pabrik senjata kimia di wilayah Turki dengan semua bahan disediakan Turki, Arab Saudi, dan Qatar," tuding Jaafari.

Akibat penggunaan senjata kimia di kawasan Ghouta, dekat Damaskus pekan lalu, Amerika Serikat kini bersiap untuk menggelar intervensi militer terhadap Suriah.

Pemerintah AS mengatakan terdapat bukti-bukti yang tak terbantahkan bahwa pemerintah Suriah berada di belakang serangan senjata kimia tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.