Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Tidak Akan Kirim Tentara ke Suriah

Kompas.com - 28/08/2013, 14:18 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Australia, Bob Carr, telah menyatakan tidak akan pengiriman tentara ke Suriah, di saat Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya mempersiapkan kemungkinan aksi militer terhadap negara itu.

Intervensi militer di Suriah bisa terjadi dalam beberapa hari ini sebagai respon atas tuduhan penggunaan senjata kimia oleh rezim berkuasa minggu lalu, yang menewaskan ratusan orang yang sedang tidur.

Menlu Carr mengatakan, bukti-bukti semakin kuat bahwa pasukan pemerintah Suriah berada di balik serangan kimia itu, maka rezim itu harus "diberi hukuman".

Menurut dia, meskipun semua menginginkan aksi militer di bawah mandat PBB, tapi opsi intervensi militer tanpa restu PBB harus dipikirkan.

Meski demikian Carr mengatakan, tentara Australia tidak akan terlibat dalam respon internasional khususnya ikut dalam intervensi militer ke Suriah.

Australia akan mengambil-alih jabatan ketua Dewan Keamanan PBB pada Minggu (1/9/2013), jabatan yang mengharuskan Australia membantu anggota-anggota badan tersebut untuk mencapai sejumlah kesepakatan seperti memutuskan sebuah intervensi militer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com