Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Menentang Intervensi Militer ke Suriah

Kompas.com - 27/08/2013, 18:26 WIB
MOSKWA, KOMPAS.COM - Rusia memperingatkan bahwa intervensi militer ke Suriah akan membawa konsekuensi yang sangat serius bagi kawasan. Peringatan itu muncul dari Moskow setelah Amerika Serikat dan sekutunya mempertimbangkan serangan ke Suriah untuk menanggapi serangan pasukan pemerintah Suriah atas kelompok pemberontak pekan lalu.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Alezander Lukashevich, meminta masyarakat internasional memperlihatkan kehati-hatian dalam krisis di Suriah dan mematuhi hukum internasional.

"Upaya-upaya di luar mekanisme Dewan Keamanan, akan kembali menciptakan dalih yang dibuat-buat, yang tidak berdasar, untuk intervensi militer di kawasan yang penuh dengan penderitaan baru di Suriah dan konsekuensi bencana bagi negara-negara di Timur Tengah dan Afrika Utara," tegasnya dalam pernyatannya.

Sementara itu Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Gennady Gatilov, mengatakan bekerja dalam parameter politik untuk jalan ke luar bagi krisis Suriah akan amat berguna.

Di London, juru bicara Perdana Menteri Inggris, David Cameron, mengatakan Inggris sedang menyusun rencana pilihan dan setiap tanggapan akan proporsional.

David Cameron sudah memperpendek masa liburannya dan kembali ke London untuk membahas krisis Suriah.

Bukti Senjata Kimia

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, menyatakan bahwa 'tidak bisa dibantah' bukti-bukti tentang penggunaan senjata kimia dalam serangan Rabu (21/08) yang menewaskan ratusan orang.

Baik pemerintah Suriah maupun kelompok pemberontak saling menuduh dalam serangan tersebut.

Lembaga sosial Medecins Sans Frontieres mengatakan tiga rumah sakit yang mereka dukung di Damaskus merawat sekitar 3.600 dengan gejala neurotoksin setelah serangan dan 355 di antara pasien meninggal.

Tim penyidik PBB hari ini, Selasa 27 Agustus, direncanakan akan kembali melakukan pemeriksaan pada hari kedua di kawasan pinggiran ibukota Damaskus.

Dalam pemeriksaan Senin kemarin, salah satu kendaraaan yang digunakan penyidik Klik ditembak beberapa kali oleh penembak gelap di kawasan penyangga yang terletak di antara wilayah yang dikuasai pemerintah dan kelompok pemberontak.

Konflik di Suriah yang sudah berlangsung lebih dari dua tahun telah memporakporandakan negara itu dengan korban jiwa menurut PBB sudah melebihi 100.000 orang dan lebih dari satu juta orang mengungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com