Kompas.com - 27/08/2013, 13:32 WIB
EditorErvan Hardoko
DEN HAAG, KOMPAS.com — Amerika Serikat, Senin (26/8/2013) malam, memutuskan untuk membatalkan sebuah pertemuan dengan Rusia membahas masalah Suriah di Den Haag, Belanda.

Pertemuan yang awalnya akan digelar pada Rabu (28/8/2013) itu batal karena "konsultasi" yang masih berlanjut soal penggunaan senjata kimia Suriah.

"Karena kami masih membahas bagaimana merespons soal serangan senjata kimia di Suriah pada 21 Agustus lalu, maka pertemuan dengan Rusia ditunda," demikian seorang pejabat senior Kementerian Luar Negeri AS.

Meski pertemuan ditunda, Pemerintah Amerika Serikat berjanji akan menjadwalkan ulang pertemuan itu.

"Serangan senjata kimia itu lebih membutuhkan sebuah solusi politik yang lebih komprehensif saat ini," ujar pejabat itu.

Pembatalan pertemuan yang sudah diagendakan itu tak pelak membuat Moskwa kecewa.

"Kami merasa kecewa karena rekan kami memutuskan untuk membatalkan pertemuan bilateral ini," kata Wakil Menlu Rusia Gennady Gatilov lewat akun Twitternya.

Gatilov menambahkan, sebenarnya pertemuan ini sangat penting terutama di saat-saat opsi serangan militer "menggantung di atas Suriah".

Sebelumnya, Gedung Putih menyatakan Pemerintah Suriah hampir pasti berada di belakang serangan senjata kimia di Ghouta, dekat Damaskus, yang oleh kelompok oposisi diklaim menghilangkan 1.300 nyawa itu.

Keyakinan Washington terkait keterlibatan rezim Assad dalam serangan kimia itu membuat evaluasi atas masalah ini semakin tinggi, meski AS belum memutuskan respons apa pun.

Sementara itu, duta besar Koalisi Nasional Suriah (SNC) di Paris, Monzer Makhous, mengatakan bahwa hari Selasa (27/8/2013) akan menjadi masa krusial dalam konflik Suriah, dan akan diwarnai berbagai perkembangan mengejutkan yang tak pernah dilihat dunia sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.