Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lanjutan Pembicaraan Damai Israel-Palestina Batal

Kompas.com - 27/08/2013, 11:09 WIB

RAMALLAH, KOMPAS.com — Para perunding Palestina sudah membatalkan rencana pertemuan dengan Israel setelah tewasnya tiga warga Palestina di Tepi Barat.

Pembatalan diambil setelah militer Israel menembak mati tiga warga Palestina dan melukai sekitar 15 lainnya dalam bentrokan di kamp pengungsi Qalandiya di Tepi Barat.

Seorang pejabat Palestina mengatakan, belum ada tanggal baru yang ditetapkan untuk perundingan yang rencananya berlangsung Senin (26/8/2013).

Militer Israel mengatakan melepas tembakan guna melindungi polisi perbatasan yang diserang oleh ratusan warga Palestina sepanjang malam.

Polisi perbatasan masuk ke dalam kamp untuk menangkap seorang tersangka teroris.

Juru bicara Presiden Otoritas Palestina, Nabeel Abu-Rudeineh, mengecam pembunuhan itu dan mendesak agar Amerika Serikat turun tangan.

"Yang terjadi hari ini di Qalandiya memperlihatkan niat nyata dari Pemerintah Israel," tegasnya.

Perdana Menteri Otoritas Palestina, Rami Hamdallah, juga mengeluarkan pernyataan yang mengecam pembunuhan tiga warga Palestina tersebut.

"Kejahatan seperti ini membuktikan perlunya perlindungan internasional yang mendesak dan efektif atas rakyat kami."

Perundingan langsung Palestina-Israel berlangsung kembali awal bulan ini setelah terhenti selama tiga tahun.

Keduanya mencapai kesepakatan untuk menghidupkan kembali perundingan damai pada Juli lalu dengan ditengahi Menteri Luar Negeri AS John Kerry.

Bagaimanapun pelaksanaan perundingan dibayang-bayangi dengan pengumuman Israel untuk tetap membangun 1.200 rumah baru di wilayah pendudukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com