Kompas.com - 27/08/2013, 10:56 WIB
EditorEgidius Patnistik
Industri ternak sapi di wilayah utara (Northern Territory) Australia mengalami kelebihan stok, dan dikhawatirkan akan memperparah kondisi perekonomian para peternak. Kendati musim kering, banyak peternak di wilayah itu mengatakan, selama setahun ini mereka tidak menjual seekor sapi pun.

Dr Ian Briathwaite, dokter hewan dan konsultan industri ternak dari Mount Isa mengatakan, sangat penting bagi para peternak untuk sesegera mungkin mengurangi jumlah kawanan ternak mereka di saat menghadapi kondisi musim kering.

Braithwaite mengatakan, memiliki stok ternak berlebihan mendorong industri wilayah utara ke titik kritis. "Hal ini menjadi beban, isu harga stok ternak telah menghancurkan industri ternak sapi wilayah utara," jelasnya.

"Saat ini berada pada titik krisis. Kita punya jumlah stok berlebihan. Ini merupakan kegagalan industri saat ini. Padang rumput, lahan tempat makan ternak dirambah berbagai semak liar seperti akasia berduri. Tidak saja merugikan daerah kami, tapi juga menurunkan nilai daerah kami," kata Braithwaite.
Dikatakan, para peternak perlu memprioritaskan kondisi padang rumput mereka, dan mengatur jumlah stok ternak mereka sesuai keadaan.
 
"Jika kita bertindak lebih awal, rumput akan beradaptasi dengan cepat setelah hujan. Sayangnya kita harus membuat keputusan, apakah bersedia menerima keuntungan kecil atau kita menempuh risiko dengan mengeluarkan uang banyak untuk mencoba mempertahanakan ternak tetap hidup. Dan hal itu sangat tidak menghasilkan keuntungan," jelasnya.
 
Menurut Braithwaite, kelebihan stok juga berdampak pada kemampuan produser membayar utang mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.