Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris: Kemungkinan Tindakan ke Suriah Tanpa Dukungan DK PBB

Kompas.com - 27/08/2013, 02:49 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AFP/ANTARA
LONDON, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Inggris William Hague, Senin (26/8/2013) waktu setempat, menyatakan, tindakan internasional terkait dugaan kuat penggunaan senjata kimia oleh rezim Suriah kemungkinan akan dilakukan tanpa dukungan penuh Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

"Apakah mungkin untuk membalas senjata kimia tanpa dukungan bulat Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa? Saya berpendapat ya," tegas Hague kepada BBC. Tekanan internasional pada Suriah terus meningkat menyusul serangan ke Damaskus pada Rabu (21/8/2013) yang diperkirakan telah menewaskan antara 100 sampai 1.300 orang.

Hague menolak berspekulasi kapan serangan ke Suriah dapat digulirkan, termasuk kemungkinan dilakukan pekan ini. "Saya tidak akan mengesampingkan apa pun, saya tidak akan berspekulasi tentang hal itu di publik."

"Adalah mungkin untuk mengambil tindakan berdasarkan kebutuhan kemanusiaan yang besar dan keprihatinan kemanusiaan, adalah mungkin untuk melakukan itu berdasarkan banyak skenario," lanjut Hague.

"Kami, Amerika Serikat, dan negara-negara lain, termasuk Perancis, sangat jelas bahwa kami tidak bisa membiarkan ide jika di abad ke-21 senjata kimia dapat digunakan tanpa hukuman, tetapi saya tidak bisa mengemukakan opsi militer saat ini."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP/ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com