Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penembak Jitu Suriah Serang Tim Investigasi PBB

Kompas.com - 26/08/2013, 18:44 WIB
NEW YORK CITY, KOMPAS.COM - Sejumlah penembak jitu menembak tim ahli PBB Senin (26/8) sehingga memaksa mereka mundur dari upaya menyelidiki serangan senjata kimia di dekat Damaskus, kata Jurubicara PBB Martin Nesirky.

Tidak ada korban luka yang dilaporkan ketika kendaraan pertama dalam sebuah konvoi PBB itu diserang saat menuju Ghouta, di sebelah timur ibukota Suriah. Namun  tim itu harus kembali ke basis mereka, kata Nesirky.

"Kendaraan pertama dari tim investigasi senjata kimia itu dengan sengaja ditembak beberapa kali oleh penembak jitu tak dikenal di daerah zona penyangga," kata Nesirky. "Karena mobil tersebut tidak lagi bisa digunakan, tim kembali dengan selamat ke pos pemeriksaan pemerintah," tambahnya. "Tim itu akan kembali ke daerah tersebut setelah mengganti kendaraan."

Ratusan orang tewas dalam serangan pekan lalu di Ghouta. Senjata kimia diduga telah digunakan dalam serangan itu. Negara-negara Barat menuduh pasukan Presiden Bashar al-Assad melakukan serangan itu. Namun pemerintah Suriah justru menyalahkan pemberontak oposisi.

Juru bicara PBB itu tidak memberikan rincian lain tentang lokasi serangan yang dilakukan para penembak jitu atau dari mana penembakan itu berasal. Namun Nesirky "menekankan lagi bahwa semua pihak perlu memperluas kerjasama mereka sehingga tim dapat dengan aman melakukan pekerjaan penting mereka."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com