Kompas.com - 26/08/2013, 08:28 WIB
EditorErvan Hardoko
BAGHDAD, KOMPAS.com - Sedikitnya 22 -termasuk lima tentara- orang tewas di seantero Irak sepanjang Minggu (22/8/2013), tewas akibat serangan orang-orang bersenjata. Demikian sumber-sumber kepolisian dan militer.

Para penyerang menjebak, dua buah taksi yang mengangkut para tentara dalam perjalanan dari Baghdad menuju Mosul.

Para penyerang itu menewaskan lima perwira di kota Qaiyara, 290 kilometer sebelah utara Baghdad.

"Salah satu taksi berhasil lolos namun mobil kedua bernasib naas. Militan membunuh lima tentara itu lalu membakar jasad mereka," kata seorang perwira intelijen senior yang tak ingin disebutkan namanya.

Seorang sumber di sebuah rumah mayat di Mosul membenarkan pembakaran jasad kelima prajurit yang tewas itu.

Dalam insiden lain, tiga orang tewas dan 15 orang cedera akibat serangan bom mobil di kota Balad, 80 kilometer sebelah utara Baghdad.

Dua orang lain tewas ditembak orang tak dikenal di dekat kediaman mereka di Mosul timur, juga di sebelah utara ibu kota.

Sementara itu di kota Baquba, bom pinggir jalan menewaskan dua orang dari sebuah keluarga pengungsi Syiah yang baru saja kembali ke kediaman mereka.

Sejauh ini belum ada yang menyatakan bertanggung jawab atas serangakaian serangan berdarah sepanjang Minggu.

Namun, sejumlah kelompok militan Sunni kerap ditudih berada di balik perlawanan terhadap pemerintah Irak yang didominasi kelompok Syiah dalam beberapa bulan terakhir ini, dipicu dengan perang saudara yang terjadi di Suriah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.