Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Bom di Pakistan Tewaskan Panglima Militan Pro-Al Qaeda

Kompas.com - 22/08/2013, 19:41 WIB
ISLAMABAD, KOMPAS.com — Seorang komandan militan pendukung Al Qaeda tewas akibat ledakan bom pinggir jalan bersama empat rekannya di kota Wana, Waziristan Selatan, Kamis (22/8/2013).

Ghulam Jan Wazir, komandan militan itu, tewas seketika setelah mobil yang ditumpanginya melindas bom di kawasan Sholam, lima kilometer sebelah barat kota Wana.

Seorang pejabat keamanan senior Pakistan mengatakan, Wazir selama beberapa tahun melindungi para pejuang Arab dan Asia Tengah di Waziristan Selatan.

"Dia sangat antipemerintah dan sangat dikenal mendukung para pejuang asing," kata pejabat yang tidak ingin disebutkan namanya.

Warga setempat juga mengatakan, Wazir memiliki reputasi melindungi orang-orang Uzbekistan, Tajikistan, dan para militan Asia Tengah pada masa lalu.

Wazir merupakan salah seorang dari kelompok pejuang yang dipaksa mundur dari Waziristan Selatan saat Maulvi Nazir, seorang panglima perang yang mendukung pemerintah, meluncurkan kampanye bersenjata pada 2007 melawan para pejuang asing.

Wazir kemudian kembali ke Waziristan Selatan tahun lalu setelah mencapai kesepakatan dengan kelompok Nazir, sebelum Nazir tewas akibat serangan drone AS pada Januari lalu.

Sejauh ini belum ada satu kelompok pun yang menyatakan bertanggung jawab atas kematian Wazir.

Wazir adalah pemimpin militan pro-Al Qaeda ketiga yang tewas di Waziristan Selatan dalam dua tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com