Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaket Milik John Lennon Akan Dilelang

Kompas.com - 22/08/2013, 15:25 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Sebuah jaket yang pernah dimiliki pentolan grup The Beatles, John Lennon, diharapkan akan laku senilai 12.000 poundsterling atau sekitar Rp 200 juta dalam sebuah lelang di Derbyshire, Inggris.

Jaket tersebut berwarna biru dengan model seperti yang sering dikenakan mantan pemimpin India, Nehru, dan asisten group The Beatles, Jo Jo Johns.

Johns harus membersihkan rumah Lennon ketika ia pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1971 dan kemudian memberi jaket itu kepada temannya, Tony Goddard, sebagai hadiah ulang tahun.

Selama 25 tahun, Goddard telah memiliki jaket yang dipajang di rumahnya di Leicestershire, tetapi mengatakan sudah waktunya untuk menjualnya.

"Jaket itu diberikan kepada saya di salah satu pesta ulang tahun saya di awal 70-an," kata Goddard.

"Jo Jo adalah teman baik dan dia memperoleh banyak barang yang ditinggalkan oleh anggota band."

Jaket dengan panjang tiga perempat ukuran tubuh pria dewasa, kerah mandarin, dan lengan yang sedikit melebar itu menunjukkan beberapa tanda bekas pakai.

"Tidak ada keraguan, dalam pikiran saya, bahwa jaket ini juga dipakai John pada akhir tahun 1960-an," kata Charles Hanson, manajer rumah lelang Hansons di Etwall.

Penaksir lelang junior, Elizabeth Bailey, mengatakan, saat jaket dibawa untuk malam penilaian pada awal tahun, "seluruh ruangan diam tertegun" ketika vendor menjelaskan sejarah benda tersebut.

Jaket, dengan surat pernyataan asalnya, diberi harga panduan mulai dari 8.000 poundsterling hingga 12.000 poundsterling.

John Lennon lahir di Liverpool pada tahun 1940. Sebagai anggota pendiri The Beatles, Jhon bersama Paul McCartney banyak menciptakan lagu yang membuat grup itu sangat terkenal.

Pada tahun 1980, Lennon ditembak mati di luar sebuah blok apartemen di Manhattan, New York, AS.

Mark Chapman, sekarang 58, dijatuhi hukuman penjara 20 tahun hingga seumur hidup pada tahun 1981 setelah mengaku bersalah atas pembunuhan tingkat dua terhadap Lennon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com