Kompas.com - 21/08/2013, 20:15 WIB
EditorErvan Hardoko
RIYADH, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi, Rabu (21/8/2013), menyerukan agar Dewan Keamanan PBB dan para menteri Uni Eropa segera menyikapi kabar penggunaan senjata kimia yang diklaim menewaskan 640 orang di Suriah.

"Ini saatnya bagi DK PBB untuk menunjukkan tanggung jawabnya dengan segera mengambil keputusan tepat untuk mengakhiri tragedi kemanusiaan ini," kata Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Saud Al-Faisal.

"Kami juga mendesak para menteri luar negeri Uni Eropa yang bertemu di Brussels hari ini untuk memasukkan bencana kemanusiaan ini dalam agenda pembicaraan mereka," tambah Pangeran Faisal.

Kabar serangan kimia di Suriah ini telah mendapatkan respon dari sejumlah pemimpin dunia.

Pemerintah Inggris mengatakan segera membawa kabar serangan kimia pasukan Suriah ke DK PBB dan mendesak Damaskus untuk memberi akses para penyidik PBB ke lokasi serangan.

"Saya sangat prihatin mendengar ratusan orang, termasuk anak-anak, tewas dalam sebuah serangan udara dan serangan senjata kimia di kawasan yang dikuasai pemberontak di dekat Damaskus," kata Menlu Inggris William Hague.

Perancis juga menyerukan tindakan segera PBB menyikapi kabar serangan senjata kimia mematikan ini. Presiden Francois Hollande menegaskan dia akan mendesak PBB untuk segera meninjau lokasi serangan.

"Namun informasi ini (serangan senjata kimia) masih memerlukan verifikasi dan konfirmasi," kata juru bicara pemerintah Perancis, Najat Vallaud-Belkacem.

Sementara itu, Ketua Liga Arab Nabil al-Arabi mendesak para penyeldiki senjata kimia PBB segera meninjau Ghouta, yang diklaim para aktivis menjadi lokasi serangan senjata kimia yang menewaskan ratusan orang itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.