Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan "Kuning" China untuk Kedatangan Badai Trami

Kompas.com - 20/08/2013, 17:49 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah China mengeluarkan peringatan "kuning" bagi warganya menyusul akan datangnya badai Trami dari arah Filipina. Peringatan itu, tulis Xinhua, resmi dikeluarkan hari ini, Selasa (20/8/2013) oleh Pusat Meteorologi China (NMC).

China memiliki kategori empat warna untuk antisipasi badai tropis. Warna merah adalah level paling berbahaya ancaman badai tropis yang biasanya ditandai dengan angin kencang dan hujan
deras berjam-jam. Lalu, berturut-turut lebih rendah di bawah warna itu adalah oranye, kuning, dan biru.

Trami adalah badai tropis ke-12 yang menyambangi China Daratan tahun ini. Badai ini, diprediksikan akan mampir membawa angin kencang dan hujan di Taiwan dan Provinsi Zhejiang serta Fujian mulai Rabu (21/8/2013) besok. NMC mengatakan curah hujan lantaran badai ini di Taiwan berada di kisaran 100-150 milimeter.

NMC mengimbau kepada nelayan untuk tidak melaut. Sementara, para nelayan yang telanjur mencari ikan di laut lepas diminta untuk segera mungkin kembali ke pelabuhan.

Trami hari ini berangsur-angsur meninggalkan Filipina. Di negeri itu, badai tersebut membuat Manila, ibu kota Filipina, tergenang banjir meluas rerata ketinggiannya 1,2 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com