Kompas.com - 19/08/2013, 19:22 WIB
EditorErvan Hardoko
KAIRO, KOMPAS.com - Fareed al-Deeb, kuasa hukum mantan penguasa Mesir Hosni Mubarak, Senin (19/8/2013), mengklaim mantan orang nomor satu Mesir itu tak lama lagi akan dibebaskan dari tahanan.

Fareed mengatakan, Mubarak yang digulingkan pada Februari 2011 setelah dinyatakan tak bersalah terkait dakwaan korupsi.

"Kini tinggal menyelesaikan presiden administrasi sederhana yang memakan waktu tak lebih dari 48 jam. Dia akan bebas akhir pekan ini," kata Fareed.

Sejumlah sumber pengadilan Mesir juga menyatakan hal yang sama soal kemungkinan bebasnya Hosni Mubarak ini.

Mubarak memang masih menghadapi tuduhan pembunuhan pengunjuk rasa dalam revolusi 2011. Sidang terkait tuduhan ini akan digelar pada 25
Agustus mendatang.

Namun, sesuai peraturan di Mesir, Mubarak tak perlu lagi tinggal di dalam tahanan saat menunggu sidangnya. Sebab, masa penahanan yang maksimal dua tahun sudah habis.

Mubarak yang bersama Menteri Dalam Negerinya divonis penjara seumur hidup tahun lalu karena dianggap tidak mencegah pembunuhan pengunjuk rasa dalam revolusi 2011 yang menggulingkannya.

Mubarak yang berkuasa selama 30 tahun kini ditahan di LP Tora di sebelah selatan Kairo. Di fasilitas yang sama pula para tokoh senior Ikhwanul Muslimin ditahan sejak awal Juli lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Reuters,AP

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.