Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebun Binatang Melbourne Gelar Piknik untuk Orangutan

Kompas.com - 19/08/2013, 17:58 WIB

MELBOURNE, KOMPAS.com — Kebun binatang Melbourne, Australia, Senin (19/8/2013), menggelar piknik untuk orangutan milik kebun binatang itu, dalam rangka merayakan Hari Orangutan Sedunia.

Dalam piknik itu, orangutan perempuan bernama Dewi (2) dan ayahnya, Santan, terlihat lahap menyantap buah-buahan dan daun palem yang tumbuh di kebun binatang tersebut.

Pihak pengelola kebun binatang sengaja membuat ajang khusus ini untuk menyoroti ancaman terhadap habitat orangutan akibat pembukaan lahan kelapa sawit.

Di Pulau Kalimantan dan Sumatera, banyak orangutan dibantai hanya untuk membuka lahan perkebunan kelapa sawit. Minyak kelapa sawit banyak digunakan sebagai bahan makanan dan untuk keperluan memasak.

Ketentuan tentang label barang memungkinkan pihak pabrikan untuk menyebut minyak kelapa sawit sebagai minyak sayur, yang ditemukan di sekitar separuh dari semua makanan kemasan, termasuk minyak goreng.

Para aktivis lingkungan menghendaki agar konsumen mempunyai pilihan ketika membeli makanan yang mengandung minyak kelapa sawit.

Kebun Binatang Melbourne baru-baru ini membuka pameran di bagian orangutan untuk memberi pendidikan kepada konsumen tentang bagaimana menentukan pilihan yang tepat ketika membeli produk minyak sawit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com