Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Militan Sinai Tewaskan 24 Polisi Mesir

Kompas.com - 19/08/2013, 15:35 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Sebanyak 24 orang polisi Mesir tewas di kawasan bergolak Sinai, setelah kelompok militan menjebak dan menembaki mereka dengan menggunakan roket peluncur granat (RPG), Senin (19/8/2013).

Sejumlah sumber menyebutkan, setidaknya dua orang polisi juga terluka akibat serangan terhadap bus yang sedang mereka tumpangi menuju Rafah, perbatasan dengan Jalur Gaza.

Serangan ini adalah yang paling mematikan di Sinai dalam beberapa tahun belakangan, melampaui serangan yang terjadi pada Agustus 2012 yang menewaskan 16 tentara Mesir.

Kondisi keamanan di Sinai yang berbatasan dengan Gaza dan Israel terus memburuk sejak penggulingan Hosni Mubarak pada 2011.

Namun, kondisi di Sinai semakin buruk setelah militer menggulingkan Muhammad Mursi pada 3 Juli lalu. Sejak saat itu, serangan terhadap polisi dan militer Mesir terjadi hampir setiap hari.

Pemerintah Mesir sudah mengirimkan pasukan tambahan ke Sinai, yang sebagian besar wilayahnya adalah gurun pasir dan didiami oleh suku Baduin yang dituding bekerja sama dengan militan Islam melawan Pemerintah Mesir.

Sejak 3 Juli lalu, militer Mesir mengklaim sudah menewaskan sedikitnya 70 "teroris" di Sinai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com