Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brunei Tuan Rumah Forum Pengusaha Muda ASEAN-China

Kompas.com - 19/08/2013, 13:47 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Perhelatan Forum Pengusaha Muda ASEAN-China sejak Senin (19/8/2013) sampai dengan Kamis (22/8/2013), di International Convention Center Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam menjadi momentum realisasi Komunitas Ekonomi ASEAN pada dua tahun mendatang. Sementara, pertemuan kali kelima ini juga menjadi ajang bagi Indonesia berperan secara ekonomi di regional.

Sebagaimana warta yang disampaikan BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) kemarin, Indonesia menjalani forum ini sebagai bentuk peningkatan dan penguatan hubungan bisnis internasional. "Indonesia yang tergabung dalam ASEAN memiliki mitra dagang strategis seperti Jepang, India, dan China. China adalah mitra dagang terbesar ASEAN,"kata Kepala Bidang Hubungan Luar Negeri BPP Hipmi sekaligus Ketua Organizing Committee Muhammad Mansur di Jakarta.

Tajuk pertemuan empat hari itu adalah "Renewing Prospect for Growth".

Menurut Mansur, kemudian, implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN pada 2015 yang bertujuan mendorong efisiensi dan daya saing ekonomi kawasan akan mengubah paradigma dan struktur perekonomian regional. Produk Domestik Bruto (PDB) ASEAN 2011 mencapai 2 triliun dollar AS. Ke depan, PDB ini akan mencapai 10 triliun dollar pada  2030. "Kalau ini tercapai,  hal tersebut membuat ASEAN sangat menjanjikan banyak peluang bisnis dan Investasi,"kata Mansur.

Sementara itu, potensi perdagangan ASEAN-China akan mencapai 500 miliar dollar AS pada 2015.

Aktif

Menurut Mansur, selanjutnya, pihaknya melihat forum ini adalah satu media komunikasi dan konsolidasi antarpengusaha muda regional yang sangat strategis untuk ikut berperan aktif dalam pembangunan masa depan Ekonomi ASEAN - China yang lebih baik, "Kami bertekad menjadikan Indonesia mampu menjadi pemain utama tidak hanya menjadi pasar potensial,"katanya menekankan.

BPP Hipmi, terang Mansur, dalam kesempatan ini mengirim 35 utusan pengusaha muda dari seluruh Indonesia. Mereka bakal mengikuti serangkaian diskusi dan pembahasan tentang kemajuan tantangan dan peluang ekonomi serta investasi kawasan ASEAN dan China. Mereka juga akan ikut ambil bagian dalam diskusi soal konsepsi peran strategis pengusaha muda dalam mewujudkan perdamaian, kesetaraan dan kesejahteraan  ASEAN –China.

Pengurus teras BPP Hipmi seperti Ketua Umum Hipmi Raja Sapta Oktohari dan Ketua Steering Committee Aswin Tomo Andi Lolo ikut melepas delegasi ke Brunei rersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com