Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Meksiko Tangkap Ketua Kartel Penyelundup Narkotika

Kompas.com - 18/08/2013, 08:34 WIB
MEXICO CITY, KOMPAS.com - Pemerintah Meksiko, Sabtu (17/8/2013), mengumumkan telah menangkap Mario Ramirez Trevino, pemimpin kartel obat bius "Gulf" yang berpusat di wilayah utara negeri itu.

Trevino selain dikejar pemerintah Meksiko juga sangat diinginkan pemerintah Amerika Serikat.

Kementerian Dalam Negeri Meksiko menjelaskan, militer negeri itu menangkap Trevino pada Sabtu pagi waktu setempat.

Pemerintah AS mengatakan Trevino berperan besar dalam memfasilitasi penyelundupan kokain dan mariyuana dari Meksiko ke AS.

Atas kejahatanannya itu, pemerintah AS menyediakan hadiah 5 juta dolar untuk siapa saja yang memberikan informasi keberadaan Trevino.

Berdasarkan keterangan sumber di kalangan aparat keamanan Meksiko, Trevino ditangkap di Rio Bravo, sebuah kota yang dekat dengan perbatasan dengan Texas, AS.

Kartel narkoba Gulf mulai kehilangan kekuatannya sejak berpisah dari Zeta pada 2010. Sementara Zeta semakin besar dan mencengkeram 17 dari 32 negara bagian Meksiko.

Kartel Zeta terllibat "perang" dengan geng Sinaloa untuk memperebutkan rute penyelundupan narkotika ke AS. Kartel Sinaloa dipimpin Joaquin "El Chapo" Guzman, orang paling dicari di Meksiko.

Akibat perseteruan Zeta dan Sinaloa ini, angka pembunuhan di negara-negara bagian dekat perbatasan AS seperti Tamaulipas, Nuevo Leon, dan Coahuila, terus meningkat.

Sejak duduk di kursi presiden Meksiko tahun lalu, Enrique Pieta Nieto bersumpah akan mengurangi kejahatan terkait narkoba yang telah memakan korban tewas lebih dari 70.000 orang sejak 2006.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com