Kompas.com - 17/08/2013, 21:48 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Militer Mesir dan pendemo pro-Mursi masih berebut Masjid Al-Fatah sepanjang Sabtu (17/8/2013). Menurut warta AP, para loyalis Mursi menjadikan masjid di kawasan Ramses Square di Kairo ini sebagai salah satu basis perlindungan sejak kemarin. Saksi mata mengatakan terdengar baku tembak dari kedua belah pihak.

Bentrokan antara pihak militer Mesir dan demonstran pro-Mursi memang belum menunjukkan tanda-tanda usai sejak Rabu (14/8/2013). Pada Sabtu pagi, militer bergerak lebih dahulu untuk menghalau pendemo di masjid itu. Upaya ini mendapatkan perlawanan.

Sementara itu, kabinet Mesir dalam pernyataannya mengatakan pertikaian sejak Jumat (16/8/2013) hingga Sabtu sudah menewaskan sedikitnya 173 orang. Dalam masa itu, menurut kabinet, tercatat ada 1.118 orang pendemu pro-Mursi. "Setidaknya, ada 1.330 orang yang
terluka,"kata pernyataan kabinet Mesir.

Pihak pemerintah Mesir mengatakan, pada Jumat tersebut pendukung Mursi melakukan unjuk rasa menentang operasi pembersihan oleh militer terhadap para pendemo. Menurut versi pemerintah, lantaran operasi pihak militer itu sudah jatuh korban tewas sebanyak 578 orang. Sementara, sekitar 4.200 orang terluka.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.