Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Mesir dan Pendemo Pro-Mursi Masih Berebut Masjid Al-Fatah

Kompas.com - 17/08/2013, 21:48 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Militer Mesir dan pendemo pro-Mursi masih berebut Masjid Al-Fatah sepanjang Sabtu (17/8/2013). Menurut warta AP, para loyalis Mursi menjadikan masjid di kawasan Ramses Square di Kairo ini sebagai salah satu basis perlindungan sejak kemarin. Saksi mata mengatakan terdengar baku tembak dari kedua belah pihak.

Bentrokan antara pihak militer Mesir dan demonstran pro-Mursi memang belum menunjukkan tanda-tanda usai sejak Rabu (14/8/2013). Pada Sabtu pagi, militer bergerak lebih dahulu untuk menghalau pendemo di masjid itu. Upaya ini mendapatkan perlawanan.

Sementara itu, kabinet Mesir dalam pernyataannya mengatakan pertikaian sejak Jumat (16/8/2013) hingga Sabtu sudah menewaskan sedikitnya 173 orang. Dalam masa itu, menurut kabinet, tercatat ada 1.118 orang pendemu pro-Mursi. "Setidaknya, ada 1.330 orang yang
terluka,"kata pernyataan kabinet Mesir.

Pihak pemerintah Mesir mengatakan, pada Jumat tersebut pendukung Mursi melakukan unjuk rasa menentang operasi pembersihan oleh militer terhadap para pendemo. Menurut versi pemerintah, lantaran operasi pihak militer itu sudah jatuh korban tewas sebanyak 578 orang. Sementara, sekitar 4.200 orang terluka.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com