Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikhwanul Serukan Unjuk Rasa Besar, Kerusuhan Baru di Depan Mata

Kompas.com - 16/08/2013, 16:44 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Ikhwanul Muslimin menyerukan pendukungnya untuk turun ke jalan dalam unjuk rasa "Amarah Jumat" di Kairo untuk menunjukkan kecaman mereka terhadap pembubaran demonstran pro-Mursi yang mengakibatkan 638 orang tewas itu.

"Unjuk rasa anti-kudeta akan dimulai dari semua masjid di Kairo menuju Lapangan Ramsis setelah shalat Jumat," demikian ungkap Juru Bicara Ikhwanul Muslimin Gehad al-Haddad lewat akun Twitter-nya.

"Setelah semua pukulan, penangkapan, dan pembunuhan yang kami terima, emosi kami terlalu tinggi untuk diredakan siapa pun," tambah Haddad.

"Selain kepedihan dan kesedihan karena kematian syuhada, kejahatan terbaru para pelaku kudeta ini semakin membuat kami bertekad untuk mengakhiri kekuasaan mereka," ujar Haddad.

Sejak tergulingnya Mursi 3 Juli lalu, Ikhwanul sudah menjuluki peristiwa itu sebagai sebuah kudeta militer. Sejak itulah, kelompok pro-Mursi menggelar unjuk rasa menuntut dikembalikannya jabatan Muhammad Mursi.

Namun, kelompok liberal dan aktivis pemuda yang mendukung militer menilai tindakan militer merupakan respons dari tuntutan publik.

Seruan Ikhwanul Muslimin ini dikhawatirkan memicu kerusuhan baru sebab Pemerintah Mesir, meski mendapat banyak kecaman, bergeming dari keputusannya.

Pemerintah Mesir yang didukung militer malah memperingatkan mereka akan menggunakan peluru tajam kepada siapa saja yang menyerang polisi atau institusi publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com