Kompas.com - 16/08/2013, 16:44 WIB
EditorErvan Hardoko
KAIRO, KOMPAS.com — Ikhwanul Muslimin menyerukan pendukungnya untuk turun ke jalan dalam unjuk rasa "Amarah Jumat" di Kairo untuk menunjukkan kecaman mereka terhadap pembubaran demonstran pro-Mursi yang mengakibatkan 638 orang tewas itu.

"Unjuk rasa anti-kudeta akan dimulai dari semua masjid di Kairo menuju Lapangan Ramsis setelah shalat Jumat," demikian ungkap Juru Bicara Ikhwanul Muslimin Gehad al-Haddad lewat akun Twitter-nya.

"Setelah semua pukulan, penangkapan, dan pembunuhan yang kami terima, emosi kami terlalu tinggi untuk diredakan siapa pun," tambah Haddad.

"Selain kepedihan dan kesedihan karena kematian syuhada, kejahatan terbaru para pelaku kudeta ini semakin membuat kami bertekad untuk mengakhiri kekuasaan mereka," ujar Haddad.

Sejak tergulingnya Mursi 3 Juli lalu, Ikhwanul sudah menjuluki peristiwa itu sebagai sebuah kudeta militer. Sejak itulah, kelompok pro-Mursi menggelar unjuk rasa menuntut dikembalikannya jabatan Muhammad Mursi.

Namun, kelompok liberal dan aktivis pemuda yang mendukung militer menilai tindakan militer merupakan respons dari tuntutan publik.

Seruan Ikhwanul Muslimin ini dikhawatirkan memicu kerusuhan baru sebab Pemerintah Mesir, meski mendapat banyak kecaman, bergeming dari keputusannya.

Pemerintah Mesir yang didukung militer malah memperingatkan mereka akan menggunakan peluru tajam kepada siapa saja yang menyerang polisi atau institusi publik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber Al Arabiya
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.