Kompas.com - 16/08/2013, 15:30 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Festival Chuseok adalah bentuk ucapan syukur bagi rakyat Korea atas keberhasilan panen. Festival ini dihelat tiap hari ke-15 bulan delapan dalam penanggalan lunar alias penanggalan yang dihitung dari peredaran bulan mengelilingi bumi.

Tahun ini, festival yang dirayakan baik oleh rakyat Korea Utara (Korut) maupun Selatan (Korsel)
jatuh pada 19 September 2013. Lazimnya, dalam festival yang dijadikan hari libur nasional pada kedua negara, rakyat Korea pulang ke kampung halaman untuk memberi penghormatan kepada paar leluhur.

Lantaran hal itulah, sebagaimana warta Yonhap pada Jumat (16/8/2013), pemerintah Korsel mengajukan proposal pembicaraan kerja sama pada minggu depan untuk proses reuni keluarga kedua Korea. Utamanya, kata Kementerian Reunifikasi Korsel adalah para keluarga yang terpisah lantaran Perang Korea 1950-1953.

Pada proposal itu, pihak Korsel mengagendakan pertemuan pada 23 Agustus 2013. Lokasi pertemuan ada di Rumah Perdamaian di Panmunjom, sisi Korsel. Di tempat itu, kedua Korea memang meneken perjanjian gencatan senjata demi menyudahi perang saudara tersebut. "Kami sudah mengirimkan proposal itu ke Pyongyang melalui jaringan komunikasi,"kata pernyataan kementerian itu.

Sejatinya, proposal itu muncul sehari setelah Presiden Korsel Park Geun-hye berpidato pada Hari Pembebasan Nasional Korsel. Menurutnya, pembicaraan itu harus kelar sebelum perayaan Festival Chuseok. "Saya berharap Pyongyang bisa bekerja sama untuk mewujudkan reuni para keluarga yang terpisah,"demikian Presiden Park Geun-hye.

   

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.