Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Festival Chuseok Pembicaraan Reuni Korea Mesti Kelar

Kompas.com - 16/08/2013, 15:30 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Festival Chuseok adalah bentuk ucapan syukur bagi rakyat Korea atas keberhasilan panen. Festival ini dihelat tiap hari ke-15 bulan delapan dalam penanggalan lunar alias penanggalan yang dihitung dari peredaran bulan mengelilingi bumi.

Tahun ini, festival yang dirayakan baik oleh rakyat Korea Utara (Korut) maupun Selatan (Korsel)
jatuh pada 19 September 2013. Lazimnya, dalam festival yang dijadikan hari libur nasional pada kedua negara, rakyat Korea pulang ke kampung halaman untuk memberi penghormatan kepada paar leluhur.

Lantaran hal itulah, sebagaimana warta Yonhap pada Jumat (16/8/2013), pemerintah Korsel mengajukan proposal pembicaraan kerja sama pada minggu depan untuk proses reuni keluarga kedua Korea. Utamanya, kata Kementerian Reunifikasi Korsel adalah para keluarga yang terpisah lantaran Perang Korea 1950-1953.

Pada proposal itu, pihak Korsel mengagendakan pertemuan pada 23 Agustus 2013. Lokasi pertemuan ada di Rumah Perdamaian di Panmunjom, sisi Korsel. Di tempat itu, kedua Korea memang meneken perjanjian gencatan senjata demi menyudahi perang saudara tersebut. "Kami sudah mengirimkan proposal itu ke Pyongyang melalui jaringan komunikasi,"kata pernyataan kementerian itu.

Sejatinya, proposal itu muncul sehari setelah Presiden Korsel Park Geun-hye berpidato pada Hari Pembebasan Nasional Korsel. Menurutnya, pembicaraan itu harus kelar sebelum perayaan Festival Chuseok. "Saya berharap Pyongyang bisa bekerja sama untuk mewujudkan reuni para keluarga yang terpisah,"demikian Presiden Park Geun-hye.

   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com