Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2013, 19:43 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Presiden Afganistan Hamid Karzai yang bakal habis masa jabatannya pada 2014 mendatang mendukung mantan pemimpin kelompok Mujahidin Abdurrab Rasoul Sayyaf bertarung dalam pemilihan presiden. Menurut warta Daily Outlook dan televisi lokal, Tolo, pada Kamis (15/8/2013), pemilihan presiden Afganistan akan dihelat pada 5 April tahun depan.

Dalam rapat antara Koalisi Nasional Afganistan (NCA) di Istana Kepresidenan Kabul, kemarin, Sayyaf sudah bergabung dengan Wakil Pertama Presiden Mohammad Fahin, Gubernur Provinsi Balkh Atta Mohammad Noor, Menteri Air dan Energi Mohammad Ismael. Dalam rapat itulah, Karzai mengatakan dukungannya kepada Sayyaf.

Tak cuma itu, Karzai juga meminta agar peserta rapat mengikuti dukungannya. Tetapi, hanya Gubernur Provinsi Balkh yang tidak memberikan dukungan.

Abdurrab Rasoul Sayyaf terbilang tokoh Afganistan yang melawan penjajahan Uni Soviet pada 1980. Ia juga mendukung penolakan Taliban pada 1990. Pada 2001, invasi AS dan sekutunya berhasil mengusir Taliban.

Sayyaf dan Ismael Khan adalah figur yang terkenal di kawasan Barat Afganistan, utamanya di Provinsi Herat.

Sementara orang kuat dari Utara Afganistan adalah Atta Mohammad Noor. Ia menjadi pemimpin di provinsi itu dalam dekade sebelumnya hingga kini. Tetapi, Noor adalah pendukung lawan Karzai, Abdullah, dalam pemilihan presiden pada 2009.  

Sementara itu, anggota parlemen dan anggota Partai Dawat-e- Islam Dawood Kalakani setuju mengikuti rapat tersebut. Namun, ia menolak membicarakan dan menominasikan Sayyaf untuk pemilihan presiden berikutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.