Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Selatan China Terparah Dihantam Topan Utor

Kompas.com - 15/08/2013, 18:40 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Kawasan Selatan China terbilang paling parah dihantam Topan Utor. Menurut warta Xinhua pada Kamis (15/8/2013), sedikitnya satu orang dikonfirmasikan tewas dan lima lainnya hilang. "Topan Utor membawa tiupan angin kencang dan hujan lebat terus-menerus," kata pernyataan Pemerintah China.

Tiupan Topan Utor menenggelamkan sebuah kapal kargo sepanjang 190 meter di pelabuhan Hongkong, kemarin. Longsor akibat topan itu juga merusakkan kawasan Yangjiang di Selatan China.
 
Di Provinsi Guangdong, ada 88.000 warga Maoming harus diungsikan. "Korban terjebak banjir dan longsor," kata pihak Pemerintah China.

Sebelum ke Selatan China, Topan Utor lebih dulu memorakporandakan Filipina. Menurut Reynaldo Balido dari Dewan Penanggulangan Bencana Filipina, Utor adalah topan dengan tiupan angin paling kencang yang melanda Filipina. Ada 20 topan yang setiap tahun melanda Filipina. "Topan-topan itu bergerak dari Samudera Pasifik menuju arah Barat," kata Balido.

Pada Desember 2012, Filipina terlanda Topan Bopha. Jumlah korban tewas mencapai sekitar sejuta orang. Bopha adalah topan paling mematikan di seluruh dunia selama 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com