Kompas.com - 15/08/2013, 17:08 WIB
EditorErvan Hardoko
BEIJING, KOMPAS.com — Sebuah video yang diunggah ke internet menyajikan sebuah peristiwa mengerikan di China.

Dalam video itu terlihat seorang pria diturunkan dari mobil polisi di sebuah lahan kosong, lalu dieksekusi oleh seorang polisi dengan disaksikan puluhan orang, termasuk anak-anak dari atas sebuah bukit.

Situs Shanghaiist.com melaporkan bahwa video itu diunggah ke situs Sina dan sudah ditonton 2,5 juta kali sejak Senin (12/8/2013). Video itu direkam seseorang yang menyaksikan eksekusi itu dari atas bukit.

Video itu berawal ketika iring-iringan beberapa mobil polisi berjalan melintasi jalan setapak di sebuah desa. Tak lama kemudian rombongan itu berhenti dan sejumlah polisi keluar dari mobil-mobil itu.

Salah satu minibus polisi berhenti di lokasi yang agak terpisah, lalu polisi mengeluarkan seorang pria yang di lehernya tergantung semacam papan pengumuman.

Polisi kemudian menggiring pria itu melintasi sebuah area rerumputan dan sampai di sebuah lahan kosong.

Di lahan itu, pria tersebut kemudian dibuat berlutut, sementara seorang petugas mengarahkan pistol ke belakang kepalanya.

Sekejap kemudian terdengar salakan pistol dan pria itu tersungkur tewas. Video itu tidak memberikan informasi soal kapan dan di mana eksekusi terjadi.

Informasi soal siapa orang yang dieksekusi dan apa kesalahan yang dibuatnya juga tidak ditemukan. Diyakini, video itu direkam pada November 2012.

"Pengunggah mengatakan, video itu direkam pada November 2012 dan blog harian Wall Street Journal China mengatakan, penduduk desa berbicara dengan dialek Provinsi Guizhou," demikian laporan Business Insider.

Provinsi Guizhou berjarak sekitar 2.200 kilometer ke sebelah selatan ibu kota Beijing.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.