Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jordania Minta Bantuan AS Awasi dan Amankan Perbatasan dengan Suriah

Kompas.com - 15/08/2013, 16:24 WIB
AMMAN, KOMPAS.com - Pemerintah kerajaan Jordania meminta bantuan Amerika Serikat untuk menyediakan pesawat-pesawat tempur untuk mengawasi perbatasan negeri itu dengan Suriah.

Permintaan Jordania itu disampaikan kepada Panglima Angkatan Bersenjata AS Jenderal Martin Dempsey dalam kunjungannya di Amman, Rabu (14/8/2013).

"Pemerintah Jordania menanyakan apa yang bisa kami lakukan untuk membantu mengawasi dan mengamankan perbatasan dengan Suriah," kata Dempsey.

Dempsey menambahkan, Jordania juga meminta bantuan AS untuk mengintegrasikan sejumlah sumber intelijen berbeda untuk meningkatkan keamanan negeri itu.

Dempsey menambahkan, dia telah menanyakan kepada pemerintah Jordania terkait bantuan yang bisa diberikan Amerika Serikat untuk Jordania yang dinilai sebagai salah satu sekutu kunci.

Salah satu hal yang dibicarakan, lanjut Dempsey, adalah penempatan pesawat-pesawat terbang berawak yang memiliki fungsi intelijen, pengawasan, dan pengintaian.

"Ada permintaan penempatan pesawat terbang, dan saya akan membawa permintaan itu ke Washington," ujar Dempsey.

Sejauh in, AS sudah mengerahkan sejumlah pesawat tempur F-16 dan sistem pertahanan udara Patriot. Selain itu, sebanyak 1.000 personel militer AS juga dikerahkan untuk mengurangi kemungkinan merembetnya konflik Suriah ke dalam wilayah Jordania

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com