Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Mesir Sebut 343 Tewas, Ikhwanul Klaim 2.200 Tewas

Kompas.com - 15/08/2013, 15:43 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Bentrokan antara polisi dan pendukung Muhammad Mursi pada "Rabu Berdarah" telah menewaskan 343 orang. Demikian pernyataan Kementerian Kesehatan Mesir, Kamis (15/8/2013).

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Mesir, sebanyak 300 warga sipil dan 43 personel polisi tewas. Namun, Ikhwanul Muslimin mengklaim kerusuhan terburuk sejak revolusi 2011 itu menewaskan setidaknya 2.200 orang dan 10.000 orang terluka.

Kamis pagi ini, jam malam yang diberlakukan di Kairo dan sejumlah kota berakhir. Lalu lintas kota Kairo mulai menggeliat meski sejumlah ruas jalan masih ditutup.

Sejumlah surat kabar Mesir menjadikan foto para pendukung Muhammad Mursi yang memberikan perlawanan terhadap polisi menjadi foto utama.

Hingga Rabu (14/8/2013) malam, kepolisian Mesir mengklaim sudah menguasai sepenuhnya lapangan Rabaa al-Adawiya yang sebelumnya diduduki pendukung Mursi sejak 3 Juli lalu.

Situasi yang sama juga terjadi di lapangan Al-Nahda yang lebih kecil. Polisi mengatakan telah menguasai lapangan itu setelah mengatasi perlawanan pengunjuk rasa sekitar dua jam lamanya.

Kekerasan berdarah di Kairo ini mendapat kecaman dari sejumlah negara, seperti Iran, Turki, Qatar, bahkan Amerika Serikat yang adalah sekutu utama Mesir.

Lihat foto lengkap dalam album: Pembantaian di Mesir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com