Kompas.com - 15/08/2013, 06:06 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
SEOUL, KOMPAS.com — Korea Utara dan Korea Selatan, Rabu (14/8/2013), setuju untuk membuka kembali Kompleks Industri Kaesong. Kompleks ini merupakan zona manufaktur bersama kedua negara, yang ditutup menyusul meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea pada April 2013.

Namun, belum diketahui pasti kapan zona tersebut akan dibuka kembali. Bagi Korea Utara, kawasan industri ini merupakan salah satu penyumbang penting aliran devisa bagi negara yang memutuskan memilih menerapkan sistem politik tertutup tersebut.

Sebagai bagian dari kesepakatan pada Rabu tersebut, pengoperasian zona disepakati tak akan lagi dipengaruhi oleh situasi politik dalam keadaan apa pun. "Saya berharap bahwa perjanjian hari ini akan menjadi kesempatan bagi hubungan Utara-Selatan untuk membuat awal baru," kata Presiden Korea Selatan Park Geun-hye seusai kesepakatan.

Lebih dari 53.000 warga Korea Utara bekerja di lebih dari 120 perusahaan Korea Selatan yang ada di dalam kompleks tersebut. Karenanya, kawasan industri ini dianggap sebagai simbol utama yang masih ada untuk kerja sama kedua Korea. Apalagi dari kawasan ini dihasilkan produk bernilai jutaan dollar AS per tahun. Penutupan pada April 2013 merupakan kejadian pertama sejak kawasan ini dibuka sembilan tahun lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNN.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.