Kompas.com - 14/08/2013, 15:10 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Polisi Mesir mengklaim berhasil menghalau pemrotes pro-Mursi dari Nahda Square di Giza dalam sebuah operasi pembersihan sejak Rabu (14/8/2013). Menurut warta MENA, para pendukung Mursi itu sudah melakukan aksi protes 45 hari lamanya. "Kami sudah berhasil membersihkan pendemo di Nahda Square,"kata pernyataan polisi.

Di kawasan itu, polisi menggusur semua tenda tempat berlindung pendemo. Polisi juga
menyingkirkan ban-ban bekas yang dibakar. Tak cuma itu, polisi pun membongkar tembok buatan yang dibangun pendemo sebagai basis pertahanan terhadap aparat keamanan.

Saksi mata mengatakan ada tiga orang pengunjuk rasa terbakar sampai tewas tatkala silinder gas meledak di tenda-tenda mereka. Sementara, selain di Nahda Square, polisi juga melancarkan operasi pembersihan di kawasan Rabia al-Adawiya Square di Nasr, Kairo. Kawasan ini terbilang menjadi basis besar kelompok pendukung Mursi.

Di Nasr, saksi mata juga mengatakan terdengar rentetan bunyi senjata berkali-kali. Di situ, polisi menggunakan seragam serba hitam seperti dari Pasukan Khusus. Catatan dari lokasi itu menunjukkan kalau sedikitnya ada 15 korban tewas sejak pembersihan dihelat Rabu pagi.

Pihak polisi melalui pengeras suara menyerukan agar warga masyarakat di sekitar lokasi pembersihan unjuk rasa tak keluar rumah. "Warga juga dilarang menonton pembersihan dari jendela rumah,"begitu seruan polisi.

Para pendukung Mursi menggelar aksi protes duduk di kedua kawasan tersebut sejak 28 Juni 2013. Aksi itu sehari setelah Presiden Mohammed Mursi dilengserkan. Para pendukung minta Mursi dikembalikan pada posisi kepemimpinannya semula.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.