Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Mesir Klaim Berhasil Halau Pemrotes Pro-Mursi

Kompas.com - 14/08/2013, 15:10 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Polisi Mesir mengklaim berhasil menghalau pemrotes pro-Mursi dari Nahda Square di Giza dalam sebuah operasi pembersihan sejak Rabu (14/8/2013). Menurut warta MENA, para pendukung Mursi itu sudah melakukan aksi protes 45 hari lamanya. "Kami sudah berhasil membersihkan pendemo di Nahda Square,"kata pernyataan polisi.

Di kawasan itu, polisi menggusur semua tenda tempat berlindung pendemo. Polisi juga
menyingkirkan ban-ban bekas yang dibakar. Tak cuma itu, polisi pun membongkar tembok buatan yang dibangun pendemo sebagai basis pertahanan terhadap aparat keamanan.

Saksi mata mengatakan ada tiga orang pengunjuk rasa terbakar sampai tewas tatkala silinder gas meledak di tenda-tenda mereka. Sementara, selain di Nahda Square, polisi juga melancarkan operasi pembersihan di kawasan Rabia al-Adawiya Square di Nasr, Kairo. Kawasan ini terbilang menjadi basis besar kelompok pendukung Mursi.

Di Nasr, saksi mata juga mengatakan terdengar rentetan bunyi senjata berkali-kali. Di situ, polisi menggunakan seragam serba hitam seperti dari Pasukan Khusus. Catatan dari lokasi itu menunjukkan kalau sedikitnya ada 15 korban tewas sejak pembersihan dihelat Rabu pagi.

Pihak polisi melalui pengeras suara menyerukan agar warga masyarakat di sekitar lokasi pembersihan unjuk rasa tak keluar rumah. "Warga juga dilarang menonton pembersihan dari jendela rumah,"begitu seruan polisi.

Para pendukung Mursi menggelar aksi protes duduk di kedua kawasan tersebut sejak 28 Juni 2013. Aksi itu sehari setelah Presiden Mohammed Mursi dilengserkan. Para pendukung minta Mursi dikembalikan pada posisi kepemimpinannya semula.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com