Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah 7 Tahun Diperkosa di Toilet Kereta India

Kompas.com - 14/08/2013, 05:58 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber CNN.com
RAIPUR, KOMPAS.com — Seorang bocah perempuan berusia 7 tahun diperkosa di kompartemen toilet kereta api di India tengah pada akhir pekan lalu. Insiden ini terjadi di tengah belum redanya kemarahan yang meluas di negeri itu atas praktik pelecehan dan kekerasan seksual di sana.

Anak tersebut dipisahkan dari ibu dan teman-temannya oleh seorang pria di sebuah taman di Raipur, ibu kota negara bagian Chhattisgarh, India, Jumat (9/8/2013). Polisi khusus kereta api setempat, KC Agrawal, mengatakan kepada CNN pada Selasa (13/8/2013), diduga pria itu kemudian membawa bocah tersebut naik kereta. Diperkirakan mereka menumpang kereta antara Jumat (9/8/2013) malam atau Sabtu (10/8/2013) pagi.

Namun, diduga tersangka pelaku penculikan dan pemerkosaan ini dikenali oleh salah satu teman si bocah. Dugaan sementara, pelaku berusia sekitar 40 tahun. Hingga berita ini diturunkan, pelaku masih buron. Agrawal mengatakan, kepolisian sudah disebar untuk menangkap pelaku itu. Namun, dia menolak membeberkan identitas tersangka.

Korban, yang ditemukan pada Sabtu pagi di sebuah stasiun kereta api, kini menjalani perawatan di rumah sakit dan menurut polisi kondisinya stabil.

Sebuah dialog publik menyoal kejahatan seks di India digelar pada Desember 2012, setelah terjadi tragedi pemerkosaan geng terhadap seorang wanita 23 tahun di sebuah bus di New Delhi. Perempuan tersebut akhirnya meninggal di sebuah rumah sakit di Singapura.

Kasus tersebut telah menyedot perhatian dan memicu kemarahan yang meluas atas maraknya kejahatan seksual di India. Para demonstran turun ke jalan untuk menyerukan penjatuhan hukuman berat terhadap pelaku kekerasan seksual, sekaligus menyerukan perubahan budaya terkait posisi perempuan di negara itu.

Bulan lalu, pengadilan menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup terhadap enam orang anggota geng yang terlibat pemerkosaan turis Swiss di negara bagian Madhya Pradesh. Para pelaku berkeras menolak tuduhan dan hukuman yang dijatuhkan.

Turis ini tengah bersepeda bersama suaminya dalam rangka tur keliling India. Mereka berdua tengah berkemah di dekat hutan di distrik Datia, ketika segerombolan pelaku datang dan mengalahkan si suami, kemudian memerkosa perempuan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com