Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Pengingat Waktu Shalat untuk Pengguna iPhone

Kompas.com - 13/08/2013, 22:21 WIB
Pieter P Gero

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com — Sebuah perusahaan asal Singapura meluncurkan sebuah aplikasi iPhone untuk mengingatkan umat Muslim waktu shalat dan arah kiblat meski sedang berada pada ketinggian 35.000 kaki dari permukaan bumi.

Kantor berita AFP, Selasa (13/8/2013) melaporkan, umat Muslim yang sedang bepergian bisa memasukkan rincian penerbangan dan akan muncul pada iPhone jadwal shalat saat mereka menumpang pesawat terbang.

Selain jadwah shalat, aplikasi itu juga akan memperlihatkan arah kiblat.

Crescentrating, nama perusahaan itu, telah mendapatkan pengakuan halal atas teknologi ini dan akan memberikan aplikasi ini kepada hotel-hotel atau berbagai perusahaan jasa yang berkaitan dengan perjalanan.

Aplikasi yang dinamai Crescent Trips ini rencananya akan diberikan gratis.

"Aplikasi ini juga bisa untuk telepon pintar Android dalam beberapa bulan ini," ujar Fazal Bahardeen, pimpinan perusahaan.

Aplikasi ini juga menyajikan klip video umat Muslim yang tengah menjalankan shalat, ketika mengingatkan pemilik iPhone untuk shalat lima waktu, terutama saat sedang bepergian.

Pihak perusahaan yakin aplikasi iPhone ini akan diterima pasar karena jumlah umat Muslim yang melakukan perjalanan terus meningkat.

Hasil sebuah riset menunjukkan nilai belanja turis Muslim akan mencapai 192 miliar dollar AS per tahun pada tahun 2020, meningkat dari 126 miliar dollar AS pada tahun 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com