Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakistan Tuduh India Tembaki Wilayah dan Tewaskan Warganya

Kompas.com - 12/08/2013, 22:53 WIB
ISLAMABAD, KOMPAS.com — Pemerintah Pakistan, Senin (12/8/2013), menuding tentara India menembaki wilayah Pakistan di sepanjang perbatasan wilayah sengketa Kashmir dan menewaskan seorang warga sipil.

Seorang pejabat militer Pakistan mengatakan, pasukan India melepaskan tembakan tanpa alasan pada Senin pagi di tiga sektor sepanjang perbatasan Kashmir yaitu Battal, Chirikot, dan Satwal.

"Seorang warga sipil meninggal dunia akibat tembakan itu bernama Muhammad Zubair," kata pejabat militer itu seperti dikutip Al Jazeera.

Sementara itu, seorang komandan senior angkatan darat India mengatakan, pasukannya hanya membalas tembakan yang terlebih dulu dilepaskan Pakistan.

Tembakan India, kata komandan itu, ditujukan ke sejumlah sasaran militer Pakistan dan bukan ke kawasan permukiman warga sipil.

"Tembakan dari Pakistan dimulai tadi malam (Minggu) dan terus berlanjut sepanjang malam di dua lokasi," kata komandan itu.

Dia bahkan menuding Pakistan sudah berulang kali melanggar gencatan senjata 2003 di Kashmir selama empat hari terakhir.

Pakistan dan India adalah musuh lama dan sudah terlibat dalam tiga kali perang sejak merdeka dari Inggris pada 1947. Kedua negara ini memperebutkan kekuasaan mutlak atas Kashmir.

Pekan lalu lima tentara India tewas dalam serangan di perbatasan yang masih disengketakan itu. India menuding pasukan Pakistan melintasi perbatasan Kashmir lalu membunuh personel militer India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Jazeera
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com