Kompas.com - 12/08/2013, 22:01 WIB
EditorErvan Hardoko
PYONGYANG, KOMPAS.com — Korea Utara dikabarkan segera memproduksi telepon pintar sendiri setelah pemimpin negeri itu Kim Jong Un menyetujui proyek ini.

Kantor berita Korea Utara KCNA merilis foto yang menampilkan Kim Jong Un tengah meninjau sebuah pabrik dan mengamati sebuah telepon genggam, yang diklaim diproduksi menggunakan "teknologi asli" Korea Utara.

Telepon genggam itu dinamai Arirang, seperti nama lagu rakyat terkenal Korea Utara.

Spesifikasi telepon pintar itu tidak diketahui, tetapi Kim Jong Un mengatakan telepon itu akan membuat penggunanya merasa nyaman karena kameranya memiliki "pixel" yang sangat tinggi. Demikian tulis KCNA.

Pabrik itu, lanjut KCNA, telah memberikan dasar yang kokoh untuk produksi massal telepon genggam di negeri itu.

Namun, KCNA tidak merilis foto-foto proses produksi telepon genggam itu. Akibatnya, sejumlah pengamat menganggap kabar ini hanya sebagai salah satu propaganda negeri komunis tersebut.

Menurut situs North Korea Tech, China diduga kuat sebagai produsen asli Arirang sebelum dikapalkannya ponsel tersebut ke Korea Utara, sebelum peninjauan Kim Jong Un.

Jika benar Korea Utara memproduksi telepon pintar maka akses untuk menggunakan teknologi itu sangat terbatas. Sebab, negeri itu melarang akses internet untuk masyarakat umum dan sebagian besar rakyat Korea Utara sangat miskin.

Negeri itu memang memiliki jaringan 3G, tetapi warga Korea Utara dilarang melakukan hubungan telepon ke luar negeri atau menghubungi orang asing.

Di Korea Utara, harga telepon genggam yang sangat sederhana sangat mahal. Sebagian besar telepon genggam yang ada di negeri itu merupakan produksi Huawei, China.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Sky News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.