Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palestina Tuding Israel Langgar Kesepakatan Pembebasan Tahanan

Kompas.com - 12/08/2013, 20:21 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Otoritas Nasional Palestina (PNA) menuding Israel melanggar kriteria pembebasan tahanan Palestina. Padahal, kedua belah pihak sudah menyepakati kriteria pembebasan beberapa waktu silam.

Menurut warta AP pada Senin (12/8/2013), ada 26 tahanan Palestina yang bakal dilepas besok. Tapi, tak satu pun dari mereka adalah orang Palestina dari Jerusalem dan Arab penduduk Israel. "Kebijakan itu adalah bentuk diskriminasi dan menunjukkan Israel melanggar kesepakatan kriteria," kata Deputi Menteri Urusan Tahanan Palestina Ziad Abu Ein di Ramallah.

Kendati begitu, Abu Ein mengatakan pembebasan ini adalah langkah maju. "Ini hasil usaha kami dan merupakan langkah maju dialog damai," imbuhnya.

Kebijakan pembebasan tahanan kedua pihak berlaku bagi tahanan Palestina sebelum perjanjian damai Oslo pada 1993. AS berada di balik kebijakan pembebasan ini.  

AS menghelat dialog dengan Israel dan Palestina setelah cara ini terhenti tiga tahun silam. Putaran pertama terselenggara pada Juli silam. Putaran kedua akan dimulai lagi di Washington pada Rabu (14/8/2013).

Dalam dialog damai itu, Israel akan membebaskan 104 tahanan dalam empat fase. Pembebasan itu pun tergantung pada kemajuan dialog damai tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com