Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengebirian Dipertimbangkan buat Pelaku Pelecehan Anak

Kompas.com - 12/08/2013, 09:26 WIB
SYDNEY, KOMPAS.COM — Pengebirian dengan bahan kimia termasuk di antara opsi hukuman alternatif atas pelaku pelecehan seksual terhadap anak-anak yang akan dipertimbangkan oleh sebuah komisi di Parlemen Negara Bagian New South Wales (NSW), Australia.

Komisi tersebut dibentuk oleh Ketua Menteri NSW Barry O'Farrell untuk menginvestigasi apakah hukuman yang sekarang ini cukup efektif, dan untuk memulihkan kepercayaan publik terhadap sistem hukum.

Pada saat yang sama, seorang pria divonis hukuman percobaan tiga tahun karena memerkosa anak perempuannya.

Anggota Parlemen Troy Grant, yang akan mengetuai komisi, mengatakan, telah muncul rasa tidak puas yang luas di kalangan publik.

"Sudah jelas bagi pemerintah, dan khususnya Ketua Menteri, bahwa komunitas tidak puas dengan hukuman dalam sejumlah kasus dalam sistem peradilan kita yang berkaitan dengan pelecehan seksual terhadap anak-anak. Konsistensinya, tingkat hukuman yang setimpal atas pelanggaran itu," katanya.

Grant mengatakan, kasus ayah dan anak itu menjadi salah satu yang memicu review terhadap hukuman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com