Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pesawat Tabrakan di Bandara Melbourne

Kompas.com - 10/08/2013, 14:48 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Dua pesawat komersial bersenggolan di landasan bandara Melbourne, Australia, Sabtu (10/8/2013). Tidak ada korban jiwa maupun penumpang terluka dalam peristiwa itu, tetapi kedua pesawat mengalami kerusakan.

Tabrakan itu melibatkan pesawat Boeing 737 milik Virgin Australia yang sedang mundur dengan Airbus A320 milik Jetstar. Salah satu pesawat rusak di bagian ekor sedangkan pesawat lainnya mengalami kerusakan pada sayap, kata seorang saksi.

"Tidak ada yang terluka dalam kecelakaan yang melibatkan dua pesawat yang sedang bergerak menuju landasan pagi ini. (Kasus ini) sedang diselidiki," Bandara Melbourne mengumumkan melalui akun Twitter.

"Bandara beroperasi normal. Dua gates saat ini tidak bisa digunakan untuk kepentingan penyelidikan," kata otoritas bandara.

Pesawat Virgin membawa 175 penumpang dan akan terbang ke Maroochydore, menabrak pesawat kosong Jetstar. Pesawat Virgin itu hendak meninggalkan gate untuk lepas landas pada pukul 09.30 pagi waktu setempat.

"Ujung sayap Boeing 737 milik Virgin itu rusak, namun ujung ekor Jetstar terlepas," kata Paul Cousins, Presiden Serikat Insinyur Pesawat Australia, seorang mekanik bandara.

Cousins berpendapat, untung tidak ada kerusakan lebih parah, meskipun untuk kerusakan itu tiap-tiap pesawat setidaknya harus mengeluarkan biaya perbaikan sebesar 3 juta dollar Australia.

Sementara itu Badan Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) menyatakan "penyelidikan atas kasus tersebut tengah dilakukan di Melbourne."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com