Kompas.com - 09/08/2013, 21:34 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Bentrokan bersenjata sektarian antara kelompok syiah melawan suni di Saada, Yaman, sudah menewaskan 12 orang. Kekerasan itu terjadi, tulis AP pada Jumat (9/8/2013) tatkala kelompok syiah, Al Houthi, menyerang permukiman kelompok sunni, Salafi. Phak syiah memberi tenggat agar kelompok Salafi meninggalkan permukiman mereka.

Alhasil, lantaran tenggat itu tak dipedulikan, baku tembak pun pecah. "Korban tewas termasuk tiga perempuan dan tiga anak-anak,"kata pernyataan pihak Salafi.

Saksi mata mengatakan kelompok penyerang menggunakan persenjataan berat. Ini adalah serangan kali kedua dalam 24 jam setelah sebelumnya kelompok syiah membunuh lima orang warga sunni di Dammaj, masih di wilayah Saada.

Tiga tahun


Tercatat sudah tiga tahun lamanya konflik bersenjata sektarian terjadi di Saada. Di kawasan ini, basis kelompok syiah terbilang kuat.

Saada adalah wilayah Yaman yang berbatasan dengan Arab Saudi. Kelompok syiah mengontrol beberapa provinsi di wilayah ini. Sejatinya, sudah ada perjanjian gencatan senjata pada Agustus 2010 demi menghentikan konflik bersenjata sejak 2004.

Pertikaian sektarian di Saada menjadi perhatian PBB. Bersama dengan pemerintah Yaman, PBB menjembatani dialog rekonsiliasi. Dialog sudah dimulai sejak Maret 2013 dan berlangsung hingga enam bulan ke depan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.