Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Tertinggi Iran Cemaskan Perang Saudara di Mesir

Kompas.com - 09/08/2013, 15:52 WIB
TEHERAN, KOMPAS.COM — Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, Jumat (9/8/2013), memperingatkan bahwa krisis politik di Mesir yang terjadi setelah militer menggulingkan Presiden Muhammad Mursi bisa memicu perang saudara.

"Kami khawatir dengan apa yang terjadi di Mesir," katanya dalam pernyataan Idul Fitri yang disiarkan di televisi negara. "Spekulasi tentang perang saudara sedang mendapatkan momentum setiap hari," kata Khamenei. "Ini akan menjadi bencana dengan konsekuensi yang mengerikan. Apa yang akan menghentikan perang sipil. mudah-mudahan tidak terjadi, jika hal itu benar-benar terjadi?" tanyanya.

Pernyataan Khamenei tersebut muncul sehari setelah presiden interim Mesir mengatakan inisiatif Barat dan Arab untuk memecahkan kebuntuan politik telah gagal.

Lebih dari 250 orang telah tewas sejak tergulingnya presiden Muhammad Mursi oleh militer pada 3 Juli, sebuah kudeta yang dikecam republik Islam itu.

Khamenei juga memperingatkan campur tangan asing di Mesir. Ia mengatakan, "hanya kerusakan yang menimpa rakyat Mesir dari campur tangan pasukan asing."

Pemimpin tertinggi Iran itu mengecam kekerasan politik di Mesir, dan menyerukan kepada pemimpin keagamaan dan partai-partai politik untuk belajar dari pelajaran yang terjadi di Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com