Kompas.com - 09/08/2013, 15:52 WIB
EditorEgidius Patnistik
TEHERAN, KOMPAS.COM — Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, Jumat (9/8/2013), memperingatkan bahwa krisis politik di Mesir yang terjadi setelah militer menggulingkan Presiden Muhammad Mursi bisa memicu perang saudara.

"Kami khawatir dengan apa yang terjadi di Mesir," katanya dalam pernyataan Idul Fitri yang disiarkan di televisi negara. "Spekulasi tentang perang saudara sedang mendapatkan momentum setiap hari," kata Khamenei. "Ini akan menjadi bencana dengan konsekuensi yang mengerikan. Apa yang akan menghentikan perang sipil. mudah-mudahan tidak terjadi, jika hal itu benar-benar terjadi?" tanyanya.

Pernyataan Khamenei tersebut muncul sehari setelah presiden interim Mesir mengatakan inisiatif Barat dan Arab untuk memecahkan kebuntuan politik telah gagal.

Lebih dari 250 orang telah tewas sejak tergulingnya presiden Muhammad Mursi oleh militer pada 3 Juli, sebuah kudeta yang dikecam republik Islam itu.

Khamenei juga memperingatkan campur tangan asing di Mesir. Ia mengatakan, "hanya kerusakan yang menimpa rakyat Mesir dari campur tangan pasukan asing."

Pemimpin tertinggi Iran itu mengecam kekerasan politik di Mesir, dan menyerukan kepada pemimpin keagamaan dan partai-partai politik untuk belajar dari pelajaran yang terjadi di Suriah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.