Kompas.com - 09/08/2013, 10:06 WIB
EditorEgidius Patnistik
LONDON, KOMPAS.COM - Salah seorang gembong mafia Italia yang buron selama hampir 20 tahun sudah hadir di sidang di London untuk pengadilan ekstradisinya. Sidang digelar sehari setelah Kepolisian Inggris menangkap Domenico Rancadore, Rabu (07/08) malam, di sebuah rumah di kawasan London barat.

Laporan-laporan menyebutkan pria berusia 64 tahun itu menjalankan bisnis agen perjalanan dan kawin dengan perempuan Inggris dan memiliki anak. Pihak berwenang Italia sudah menjatuhkan hukuman tujuh tahun penjara secara in absentia terkait dengan aksi kejahatan pada awal 1990-an.

Dia disebut sebagai bos mafia di kota Trabia, Sisilia, dan masuk dalam daftar para penjahat yang paling berbahaya.

Tetangga Yang Baik

AFP Tempat kediaman Domenico Rancadore di Inggris. Ia berkeras kepada para tetangganyua bahwa dia perlu pagar rumah yang tinggi.
Kementerian Dalam Negeri Italia mengeluarkan pernyataan bahwa penangkapan Rancadore -yang dikenal dengan nama panggilan i profissuri atau guru- dilakukan atas kerja sama dengan polisi Inggris. "Operasi merupakan hasil dari hubungan yang penting dalam kerjasama polisi internasional melakui Interpol," tulis pernyataan tersebut.

Surat penangkapan internasional untuk Rancadore sudah dikeluarkan sejak tahun 1998.

Sejumlah warga di Uxbridge -tempat ditangkapnya Rancadore- mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa dia mengaku bernama Marc Skinner dan memiliki dua anak. "Saya mengenalnya dengan baik dan merupakan salah seorang tetangga terbaik yang Anda punya," tutur Joan Hills, warga setempat yang berusia 76 tahun.

"Mereka sudah berada di sini bertahun-tahun. Saya melihat anak-anaknya berkembang bersama anak saya," tutur Joan Hills. Hills menambahkan Skinner merupakan tetangga yang baik dan sama sekali tidak mengetahui tentang latar belakangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.